fungsi keyboard

1.    Tombol ALT berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti F4 misalnya yang berguna untuk ShutDown atau menutup Windows Program yang sedang aktif.
2.    Tombol CTRL akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti tombol C atau disebut juga CTRL-C akan berguna untuk menyalin saatu objek yang ditunjuk ke dalam clipboard, yang nantinya dapat disalinkan pada area kerja yang ditentukan dengan menggunakan CTRL-V.
3.    Tombol F1 – F12 adalah tombol fungsi yang pemanfaatannya disesuaikan dengan sistem operasi atau aplikasi. Misal, F1 biasanya digunakan untuk menampilkan menu Help yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan
4.    Tombol ESC (Escape) adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan CANCEL, yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan.
5.    Tombol Enter adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan baris kosong atau baris baru pada proses pemasukan text.
6.    Pada Window dialog, menekan tombol TAB berarti pindah ke field atau daerah isian atau pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan, TAB berarti lompat ke penghentian TAB (tab-stop) terdekat.
7.    Tombol Arah berfungsi menggerakan penunjuk karakter (kursor) sesuai arah anak panah bersangkutan.
8.    Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Backspace akan mengakibatkan karakter (huruf) disebelah kiri kursor terhapus.
9.    Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Delete akan mengakibatkan karakter(huruf) disebelah kanan atau ditempat dimana kursor berada akan terhapus.
10.    Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Home akan mengakibatkan kursor berpindah ke awal baris dimana kursor berada.
11.    Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol End akan mengakibatkan kursor berpindah ke akhir baris dimana kursor berada.
12.    Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Page Up akan mengakibatkan kursor berpindah ke atas sejauh satu layar dari kursor berada.
13.    Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Page Down akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor berada.

Ctrl A :Memblok keseluruhan.
Ctrl C :Menambah alamat halaman web yang sedang dibuka ke favorites.
Ctrl E :Menampilkan/menyembunyikan search.
Ctrl F :Mencari halaman web.
Ctrl H :Menampakan/menyembunyikan history.
Ctrl I :Menampilkan/menyembunyikan faforites.
Ctrl O :Menampilkan kotak dialog open.
Ctrl P :Mencetak halaman web yang sedang dibuka.
Ctrl R :Merefresh galaman web terbaru.
Ctrl V :Mem paste isi clipboard.
Ctrl W :Keluar dari amplikasi dan menutup jendela.
Ctrl X :Memotong blok terpilih.
Ctrl Z :Membatalkan perintah dan menutup jenjdela.
F1 :Fasilitas help.
F3 :Memunculkan/menghilangkan bar search explorer.
F4:Daftar drop down dari kotak address.
F5 :Merefres halaman web yang aktif.
F10 :Mengarahkan fokus ke menu bar.

F1= Bantuan / Help
F2= Rename / Mengganti Nama File
F3= Mencari File
F4= Bila ditekan bersamaan dengan tombol ALT (ALT+F4), maka akan menampilkan menu shutdown
F5= Refresh layar / Isi suatu layar/document
F6 – F9: Memiliki fungsi khusus tergantung aplikasi
F10= Mengaktifkan menu bar (Yang ada tulisan File, Edit, View)
F11= Biasa berfungsi untuk menampilkan layar secara penuh (tekan F11 lagi untuk kembali ke tampilan normal)
F12= Untuk membuka dokumen baru

Ctrl A :
Memblok keseluruhan.
Ctrl B :
Mengorganisir favorite.
Ctrl C :
Menambah alamat halaman web yang sedang dibuka ke favorites.
Ctrl E :
Menampilkan/menyembunyikan search.
Ctrl F :
Mencari halaman web.
Ctrl H :
Menampakan/menyembunyikan history.
Ctrl I :
Menampilkan/menyembunyikan faforites.
Ctrl O :
Menampilkan kotak dialog open.
Ctrl P :
Mencetak halaman web yang sedang dibuka.
Ctrl R :
Merefresh galaman web terbaru.
Ctrl V :
Mem paste isi clipboard.
Ctrl W :
Keluar dari amplikasi dan menutup jendela.
Ctrl X :
Memotong blok terpilih.
Ctrl Z :
Membatalkan perintah dan menutup jenjdela.
F1 :
Fasilitas help.
F3 :
Memunculkan/menghilangkan bar search explorer.
F4:
Daftar drop down dari kotak address.
F5 :
Merefres halaman web yang aktif.
F10 :
Mengarahkan fokus ke menu bar.
Shift F10 :
Membuka menu pintas, sama seperti mengklik kanan.

FUNGSI MOUSE
Kalau kamu punya komputer, pasti akan kamu sudah tahu apa itu Mouse. Bukan tikus yang suka berkeliaran di saluran air. Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus berbentuk seperti seekor tikus sehingga dalam bahasa Inggris peranti ini disebut mouse.
Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan Mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, Mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).
Bentuk Mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.
Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan Mouse memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya Mouse semacam ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video

    

1. Selection

G – SPOT Mouse
Fungsi ini merupakan fungsi utama sebuah mouse sebagai alat penunjuk dan memilih dalam komputer, dan sepertinya saya tak perlu menjelaskan seperti apa maksudnya. Namun saya hanya akan membahas beberapa fungsi mouse yang jarang digunakan yaitu: Pertama Selection on Text, mouse memiliki fungsi menyeleksi teks secara otomatis per kata atapun per paragraf. Untuk seleksi per kata silahkan anda double klik kata mana saja maka automatically mouse akan memblock kata itu. Adapun untuk seleksi paragraf Anda dapat melakukannya dengan triple clicks atau klik sebanyak tiga kali. Silahkan anda praktekkan.., doubleclicksme! or tripleclicksme!.
Fungsi ini dapat bekerja pada hampir seluruh aplikasi komputer seperti MS Word, Notepad bahkan sampai browser. Mari biasakan menggunakan cara ini karena lebih simple dibandingkan dengan harus menyeleksi dan drag selection yang tentunya lebih ribet.
Kedua, selain fungsi selection on text, mouse juga dapat digunakan untuk Rename file. Caranya hanya dengan memilih file yang akan di-rename lalu double clicks dengan memberi jeda waktu 2~3 detik antara klik pertama dan kedua.
Ayo rintis Bisnis Online Anda dari sekarang!
2. Scroller
Selain berfungsi untuk menggeser (scroll) layar ke atas ataupun ke bawah, mouse scroller juga dapat digunakan untuk membuka link pada tab baru di browser, lihat caranya di sini. Dan bukan itu saja, mouse scroller inipun juga mampu men-scroll halaman web atau MS-WORD yang panjang tanpa harus memutar-mutar scroller tersebut. Anda cukup menekan mouse scroller (tunggu sampai ada tanda panah) dan menggesernya sedikit ke bawah ataupun ke atas sesuai dengan kecepatan scroll yang Anda kehendaki.
3. Zooming
Ini juga lumayan penting dan sederhana namun sering juga dilupakan. Pernahkan ketika Anda mengetik tugas skripsi, TA ataupun membuat surat laporan, kemudian Anda ingin memperbesar tampilan screen Pada MS Word? Rata-rata pengguna komputer lebih memilih menu Zoom pada panel toolbar, misalnya zoom dari 75% ke 100%. Nah, sekarang tinggalkan cara ini. Untuk zoom screen kita cukup memanfaatkan scroller pada mouse dengan bantuan control pada keyboard. Caranya tekan CTRL pada keyboard dan scroll mouse anda ke depan (zoom in) atau ke belakang (zoom out). Mudah bukan? Cara inipun dapat bekerja pada browser, silahkan dicoba deh…
4. Drag and Drop
Untuk fungsi ini mungkin tidak ada hal aneh yang perlu dijelaskan lagi. Namun mungkin sifatnya hanya lebih ke mengingatkan saja bahwa drag and drop lebih effisien digunakan ketimbang menggunakan fungsi cut dan paste pada komputer anda.
5. Minimize and Maximize

Woman Sexy Body Mouse
Tahukah anda bahwa mouse juga memiliki kemampuan untuk me-minimize dan maximize windows hanya dengan double clicks? Ya, secara default memang windows menyediakan tombol minimize atau maximize di sudut kanan windows (tengah), next to close button. Tapi karena posisinya yang ngumpet di pojok terkadang sangat ribet dan agak nyusahin. Namun sebenarnya tak perlu risau dan gundah gulana (ceile bahasanye…:D), karena untuk minimize atau maximize windows kita hanya cukup double clicks pada title bar windows yang aktif. Silahkan dicoba…
Namun perlu diketahui dan dibedakan juga, bahwa tidak sama antara minimize/ maximize dengan restore up/ restore down. Minimize/ maximize digunakan untuk memperbesar ukuran window dari ukuran resizeable ke maximum size. Dimana fungsinya dapat dilakukan dengan double clik pada title bar seperti yang dijelaskan di atas, atau dengan tombol pada sudut kanan atas windows (tengah). Sementara restore up/ restore down digunakan untuk switch active windows ke inactive ataupun sebaliknya, dan fungsinya dapat dilakukan dengan mengklik windows taskbar (bawah) atau tombol restore di sudut kanan atas, tombol pertama dari kiri.
Bingung?? Hmmhh.., Don’t be!! Semuanya akan mudah kalau kita paham dasarnya. Manfaatkanlah segala yang ada secara maksimal karena ternyata sepele pun memiliki nilai. Jadilah Anda orang pertama yang mengetahui dan memanfaatkan informasi ini, niscaya sedikit banyaknya akan membuat semua orang teringatkan dan berkata “oohh” dengan muka tersenyum ceria, ahahahhaa…  Bagi anda yang ingin lebih jago lagi mengoperasikan komputer, silahkan kuasai juga Mengenal default shorcut pada windows dan membuat shorcut semua program dengan keyboard pada postingan terpisah. Salam

DVS dan semoga bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s